Contoh RPP Mata Pelajaran IPS kelas IX


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah          : SMP Muhammadiyah Segeran
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester       : IX / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.   Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Kompetensi Dasar    : 1.1.Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Alokasi Waktu          : 8 X 40 menit (4x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
- Mengidentifikasikan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang
- Membuat peta wilayah negara maju dan negara berkembang.
- Memberi contoh negara-negara yang tergolong kedalam negara maju dan
negara berkembang beserta alasannya

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes )
Kewarganegaraan ( citizenship )
B.     Materi Ajar
Negara Maju dan Negara Berkembang
a. Pembagian negara maju dan negara berkembang
b. Peta wilayah negara maju dan negara berkembang
c. Negara yang tergolong maju dan berkembang

C.     Metode Pengajaran :
a. Ceramah bervariasi
b. Diskusi
c. Inquiri
d. Tanya Jawab

D.     Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1(2 x 40 Menit)
Materi : - Pembagian negara maju dan negara berkembang

Pendahuluan : (10 Menit)
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Secara umum, pembagian negara dikategorikan menjadi negara maju dan berkembang.
- Bagaimana dengan kondisi negara kita?

Kegiatan Inti :(60 Menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru memandu siswa untuk mengkaji referensi dan mengamati ciri-ciri negara  maju dan negara berkembang
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup (10 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka

Pertemuan 2 (2x40 menit)
Materi : - Pembagian negara maju dan negara berkembang

Pendahuluan : (10 Menit)
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memberikan motivasi kepada siswa agar siap dalam mengikuti pembelajaran
3. Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
- Secara umum, pembagian negara dikategorikan menjadi negara maju dan berkembang.
- Bagaimana dengan kondisi negara kita?

Kegiatan Inti :(60 Menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Tanya jawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai ciri-ciri negara maju
F  Tanyajawab antara guru-siswa dan antar siswa mengenai ciri-ciri negara berkembang
F  Guru menunjuk salah satu siswa untuk menyebutkan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan Siswa diminta memberikan contoh penyimpangan sosial dalam masayrakat dan upaya pemecahannya
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup (10 menit)
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil tanya jawab dan kajian pustaka
F  Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas

Pertemuan 3(2x40 menit)
Materi : - Peta wilayah negara maju dan negara berkembang

Pendahuluan
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memotivasi kelas agar siap dalam proses pembelajaran :
1. Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :
2. Apakah Singapura merupakan negara maju dari kawasan Asia Tenggara

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru memandu siswa untuk mengamati atlas dunia
F  Siswa mengamati dan menunjukan negara maju dan negara berkembang di atlas dunia.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas tentang topik/tema materi yang akan dipelajari.
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa berdiskusi mengenai peta negara-negara maju dan negara berkembang di Asia, Eropa, Afrika, Amerika
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F  Memberikan tugas induvidual agar siswa mencari data dari koran/majalah/media lainnya dan mengelompokkan mana yang termasuk :
a. Negara maju
b. Negara berkembang

Pertemuan 4 (2x40 menit)
Materi : - Penyebaran Negara yang tergolong maju dan berkembang

Pendahuluan (10 menit)
1. Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapihan kelas
2. Memotivasi kelas agar siap dalam proses pembelajaran :
1. Apersepsi ( pengetahuan prasarat ) :

Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Guru memandu siswa untuk mengamati atlas dunia
F  Siswa mengamati dan menunjukan negara maju dan negara berkembang di atlas dunia.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Siswa berdiskusi mengenai penyebaran negara-negara maju dan negara berkembang di Asia, Eropa, Afrika, Amerika
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tulisan.  
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
F  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
F  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
F  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F  a. Membuat kesimpulan bersama-sama dari hasil diskusi
F  b. Melakukan tes / pertanyaan yang berhubungan dengan materi di atas

E. Sumber Belajar
_ Peta Dunia.
_ Peta Asia.
_ Peta Eropa.
_ Peta Afrika.
_ Peta Amerika.
_ Buku Platinum Pembelajaran IPS terpadu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...